Leave a comment

Basic Services

SMS

Short Message Service (SMS) adalah layanan pesang singkat berupa text dengan maksimal 160 huruf/karakter. Layanan ini adalah layanan dasar dari Telkomsel dengan nama produk SMiLE atau Short Messaging and Info Line, fitur yang menawarkan alternatif lain bagi pelanggan untuk berkomunikasi melalui pesan singkat tertulis.
:: Spesifikasi

  • Pesan maksimal terdiri dari 160 karakter (termasuk tanda baca dan spasi).
  • Pesan terkirim dalam waktu beberapa detik. Jika ponsel penerima dalam kondisi tidak aktif, maka pesan akan disimpan di sistem Telkomsel dan akan dikirimkan pada saat ponsel diaktifkan kembali maksimal selama 36 jam, setelah itu pesan akan dihapus dari sistem.
  • Kapasitas SMS tergantung dari kapasitas memory kartu atau memori ponsel
  • Pesan dapat dikirim dan diterima dari seluruh operator seluler.

:: Cara Pemakaian

  • Untuk pertama kali pada menu Service Center / Message Center dimasukkan nomor +6281100000 . Pilih Message Type :text
  • Untuk mengirimkan pesan, lakukan petunjuk sesuai dengan jenis ponsel.

:: Persyaratan Berlangganan

  • Tidak ada persyaratan bagi pelanggan untuk menikmati Fitur SMS ini karena merupakan fitur standar.
  • Semua pelanggan Telkomsel dapat menggunakan layanan ini.

 

 

MMS

Multimedia Messaging Service (MMS) adalah sebuah standar layanan pesan telepon yang memungkinkan untuk mengirim pesan yang mengandung objek multimedia, seperti gambar, audio, video, dan rich text. Layanan ini berbeda dengan SMS (Short Messaging Service) yang hanya dapat mengirim pesan teks saja.

Pesan gambar dikirimkan melalui teknologi GPRS.
:: Cara Pemakaian

  • Pastikan ponsel Anda telah mendukung layanan MMS dan GPRS, Anda dapat memeriksanya di petunjuk penggunaan atau brosur spesifikasi ponsel Anda.
  • Lakukan pendaftaran GPRS dengan cara kirim SMS, ketik GPRS kirim ke 6616
  • Pastikan ponsel Anda sudah disetel dengan benar, untuk penyetelan secara manual berikut ini spesifikasinya:
    – Access point name: mms
    – username: wap
    – password: wap123
    – proxy server: 10.1.89.150
    – port: 8000
  • Untuk memudahkan Anda melakukan setting, silakan klik disini

 

:: Tarif MMS

Tarif MMS Rp. 1.000/MMS (belum termasuk pajak). Berlaku ke semua operator.

 

 

GPRS

GPRS (singkatan bahasa Inggris: General Packet Radio Service, GPRS) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).
:: Cara Pemakaian

  • Pastikan ponsel Anda telah mendukung layanan GPRS, Anda dapat memeriksanya di petunjuk penggunaan atau brosur spesifikasi ponsel Anda.
  • Lakukan pendaftaran GPRS dengan cara kirim SMS, ketik GPRS kirim ke 6616
  • Pastikan ponsel Anda sudah disetel dengan benar, untuk penyetelan secara manual berikut ini spesifikasinya:
    – Access point name: telkomsel
    – username: wap
    – password: wap123
    – proxy server: 10.1.89.130
    – port: 8000
  • Untuk memudahkan Anda melakukan setting, silakan klik disini

 

Veronica

 

VERONiCA atau Voice Response and Info Care adalah fitur yang cara kerjanya mirip mesin penjawab pribadi. Setiap panggilan yang tidak terjawab akan langsung masuk ke mesin penjawab pribadi. Salam yang diberikan dapat merupakan salam pribadi anda ataupun salam standar dari Telkomsel. Setelah masuk ke salam tersebut, anda bisa meninggalkan pesannya. Dengan mengakses Veronica melalui nomor 222, anda tetap bisa mendengarkan pesan yang disampaikan oleh rekan atau kerabat.

Tag-line : Pesan Masuk Tersimpan Aman Siap Didengarkan Saat Diinginkan

Cara Mengaktifkan VERONiCA :

Untuk mengaktifkan layanan VERONiCA ini anda dapat melakukan langkah-langkah berikut :

  • Tekan 222 (dengarkan petunjuk dari VERONiCA). Tekan 5 untuk Bahasa Indonesia atau tekan 6 untuk layanan Bahasa Inggris.
  • Anda diminta untuk mengganti kode rahasia. Tekan 4 digit kode rahasia yang baru, tekan #, tekan lagi kode rahasia yang baru sebagai konfirmasi, tekan #.
  • Layanan ini otomatis diberikan pada seluruh pelanggan kartuHALO . Untuk mengubah status aktif atau tidak aktif : Tekan *222# untuk mengaktifkan dan #222# untuk non-aktif.Cara Mendengarkan VERONiCA :
    • Jika anda mendapat pesan masuk, maka secara otomatis anda akan mendapatkan pesan melalui SMS (short message service) dari 222.
    • Pesan dapat didengarkan dengan menghubungi 222, kemudian tekan empat digit kode rahasia, kemudian tekan #. Maka anda akan dapat mendengarkan pesan yang disampaikan oleh rekan atau kerabat anda.

    Spesifikasi VERONiCA :

    • VERONiCA akan aktif pada kondisi : ponsel tidak aktif / di luar jangkauan dan ?no answer? tidak ada jawaban dari pemilik nomor tujuan.
    • Jumlah pesan yang dapat disimpan maksimal 10 pesan.
    • Lama penyimpanan pesan :
      • pesan baru 10 hari
      • pesan lama/sudah didengar maksimal 24 jam.
    • Fasilitas lain : Anda dapat mengganti salam standar Telkomsel dengan salam pribadi
      • Anda dapat memilih bahasa yang digunakan dengan Bahasa Indonesia atau Inggris)
      • Anda dapat mengubah mode meninggalkan pesan (mengaktifkan salam sementara dan mengaktifkan mode tidak meninggalkan pesan)
      • Anda dapat merubah kode rahasia (mengganti nomor kode rahasia, kode rahasia aktif / tidak aktif)

    Persyaratan Berlangganan

    Untuk mendapatkan fitur layanan VERONiCA ini tidak ada persyaratan bagi pelanggan untuk menikmati Fitur ini karena merupakan fitur standar. Juga tidak dikenakan biaya, kecuali biaya percakapan lokal. Fitur Veronica diberikan kepada semua pelanggan kartuHALO dan simPATI dan tidak diberikan kepada pelanggan kartuAs.

 

Multyparty Call adalah Fitur yang memungkinkan anda untuk melakukan pembicaraan ke lebih dari 1 (satu) nomor dalam waktu yang bersamaan. Fitur ini dapat digunakan untuk melakukan conference call sampai dengan 6 (enam) nomor.  

Dengan fitur ini anda mendapat kemudahan dengan menghemat waktu untuk melakukan pembicaraan dengan beberapa orang dan mempermudah dalam melakukan koordinasi dalam pekerjaan.

Cara Pemakaian

  • Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fasilitas Call Hold & Call Waiting (pilih menu dari masing-masing ponsel).
  • Hanya Inisiator / penelepon pertama yang dapat melakukan conference call
  • Pelanggan A menelpon pelanggan B. Setelah melakukan pembicaraan dengan pelanggan B, pelanggan A dapat menghubungi lagi pelanggan C dengan menekan menu ?hold? dan menghubungi nomor pelanggan C. Setelah tersambung maka pelanggan A menekan menu ?Conference / Join? (tergantung menu di ponsel) dan selanjutnya ketiga pihak dapat melakukan pembicaraan secara bersamaan. Lakukan langkah yang sama dengan nomor telepon lainnya sampai dengan 6 (enam) pelanggan.
  • Anggota Multiparty bisa dari pelanggan operator lain maupun fixed phone (PSTN).

Catatan :

  • Pelanggan akan dikenakan tarif sesuai dengan tarif percakapan biasa (regular tarif).
  • Biaya pemakaian akan dibebankan hanya kepada inisiator.
  • Disarankan untuk melakukan percakapan minimal 20 detik sebelum melakukan conference call, untuk kepentingan pencatatan di Billing System.
  • Tidak semua ponsel memiliki layanan Multiparty Call.

Persyaratan Berlangganan

Tidak ada persyaratan bagi pelanggan TELKOMSEL untuk bisa menikmati fitur ini karena merupakan fitur standar bagi pelanggan kartuHALO,simPATI, dan kartuAs.

 

 

Call Forwarding

Overview

 Call Forwarding

DefinisiAdalah fitur yang memungkinkan pelanggan untuk mengalihkan panggilan dari ponselnya ke nomor lain baik telepon biasa (fixed phone) maupun ponsel.

Tag-line : Mengalihkan Telepon Masuk ke Nomor Lain

Cara Pemakaian

Fitur ini bisa difungsikan dalam kondisi:

  • Pengalihan untuk semua panggilan :
  • tekan **21* nomor tujuan pengalihan # yes/ok.
  • Untuk membatalkan tekan # # 21 # yes/ok
  • Tidak ada jawaban / no reply :
  • tekan **61* nomor tujuan pengalihan # yes/ok
  • Untuk membatalkan tekan # # 61 # yes/ok
  • Sedang sibuk / on busy :
  • Tekan **67* nomor tujuan pengalihan # yes/ok
  • Untuk membatalkan tekan # # 67 # yes/ok
  • Ponsel dimatikan atau berada di luar jangkauan / not reachable :
  • Tekan **62* nomor tujuan pengalihan # yes/ok
  • Untuk membatalkan tekan # # 62 # yes/ok
  • Membatalkan semua pilihan pengalihan panggilan : tekan # # 002 # yes/ok

Note :

  • Call Forwarding dapat pula dilakukan dengan cara memilih menu yang ada di ponsel. Tarif yang dikenakan berdasarkan biaya percakapan sepanjang pembicaraan telepon masuk ke nomor pengalihan (Lihat pada Bab V Tarif).
  • Untuk pelanggan simPATI , fitur ini akan diaktifkan pada bulan Agustus 2003

Persyaratan Berlangganan

Tidak ada persyaratan bagi pelanggan TELKOMSEL untuk bisa menikmati fitur ini karena merupakan fitur standar.

Mulai Februari 2004 pelanggan simPATI sudah bisa menggunakan fasilitas ini dengan cara melakukan registrasi ketik CF (ICCID) kirim ke 6616

 

 

Call Waiting

Overview

 Call Waiting

Adalah fitur yang memungkinkan anda bisa tetap menerima panggilan ketika ia sedang melakukan pembicaraan. Namun, pembicaraan dengan kedua pemanggil tersebut tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Ketika anda sedang melakukan pembicaraan dengan salah satu pemanggil, pemanggil lainnya dalam posisi menunggu (hold).

Bila munculnya pemanggil ketika anda sedang melakukan pembicaraan maka akan diketahui dengan ditandai adanya bunyi “bip” dan di layar ponsel anda akan muncul nomor atau nama pemanggil dengan keterangan “waiting”.

Tag-line : Dua Pembicaraan Bergantian “Tersaji”, Siap Anda Nikmati

Cara Pemakaian
Hal yang harus diperhatikan adalah, selain telah diaktifkan oleh Telkomsel, fitur ini pun harus diaktifkan dari ponsel pelanggan sesuai dengan menu yang ada di ponsel atau dengan cara sebagai berikut :

  • Mengaktifkan : * 43 # yes/ok
  • Membatalkan : # 43 # yes/ok
  • Menjawab panggilan kedua dan menahan panggilan pertama atau sebaliknya : 2 yes/ok
  • Mengabaikan panggilan kedua tanpa mengganggu pembicaraan yang sedang berlangsung : 0 yes/ok
  • Mengakhiri pembicaraan pertama dan menjawab panggilan kedua : 1 yes/ok

Persyaratan Berlangganan
Untuk mendapatkan layanan fitur ini tidak ada persyaratan bagi pelanggan Telkomsel karena merupakan fitur standar dari produk kartuHALO,simPATI dan kartuAs.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: